"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

            Sudah beberapa hari ini aku terserang virus batuk dan flu. Sungguh, sudah banyak aku beristirahat, minum obat ini itu terutama yang herbal karena aku gak berani macam-macam menggunakan obat sembarangan secara sekarang ini aku sedang hamil 4 bulan. Namun, tetap saja nihil hasilnya. Sebab batuk flu ini tak kunjung sembuh. Dan lebih kasihannya, bukan karena aku yang mengalami letih atau lemas akibat penyakit ini tetapi janin dalam kandunganku yang menerima imbasnya, perutku sering sekali berkontraksi sehingga mengalami tekanan yang membuat nyeri, katanya itu karena janinku tertekan oleh tekanan batukku yang cukup keras. Aduhai anakku, maafkan umi ya... Semoga umi lekas sembuh sehingga kamu pun tidak merasakan apa yang umi rasakan, sehat selalu nak!
           Menurut informasi yang didapat, tidak ada obat yang manjur untuk menghilangkan keluhan batuk, pilek, serta infeksi virus flu yang diderita ibu hamil. Normalnya, keluhan ini akan hilang sendiri setelah beristirahat total selama 2–3 hari. 
            Ada beberapa obat yang dikategorikan aman bagi bumil yang sedang batuk flu:
  • Parasetamol, bila betul-betul dibutuhkan.
  • Madu ditambah peppermint diseduh dengan air hangat.
  • Mentol dan minyak kayu putih untuk mengatasi hidung tersumbat.
  • Permen pelega tenggorokan.
            Obat yang tidak aman:
  • Obat batuk/pilek/flu yang mengandung campuran beberapa senyawa berbahaya, seperti kafein, alkohol, kodein, efedrin dan dekstrometrorfan yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan memicu denyut jantung janin.
  • Vitamin C dosis tinggi, dapat membahayakan perkembangan janin.
            Terapi alternatif:
  • Minum banyak cairan untuk mengganti cairan yang banyak keluar dalam bentuk pilek.
  • Minum jus jeruk atau blackcurrent yang akan membantu menambah kadar vitamin C.
  • Minum campuran jeruk nipis dan madu yang diseduh air hangat.
  • Hirup uap hangat dari air hangat yang ditetesi minyak pelega hidung tersumbat, seperti mentol, atau minyak kayu putih.
            Semoga kembali pulih kondisiku, karena sudah 3 hari aku bedrest sehingga tidak hadir dalam pengajaran di sekolah... kapok dan harus lebih berhati-hati lagi dalam memakan atau meminum ini itu sebab tentu apa yang aku rasakan akan dirasakan pula oleh sang janin...