"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Bukalah pikiranmu!

Mari kita awali dengan berpikir secara terbuka. Yuk, kita bayangkan 2 buah gelas yang kosong. Satu gelas dalam kondisi tertutup dan satunya biarkan terbuka. Kemudian, ambil deh sebuah teko yang berisi air dan tuangkan ke dalam dua gelas tersebut. Apa yang terjadi? Gelas yang tertutup tentu tidak kemasukkan air khan, airnya tentu akan tumpah kemana-mana, sementara gelas yang terbuka akan mudah diisi air.

Lalu apa hikmahnya? Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa pikiran kita seperti parasut, akan berguna jika terbuka. Jadi, jika pikiran kita diibaratkan sebagai gelas yang tertutup tadi, tentunya akan susah menerima masukan dari orang lain. Dan akan sulit mendapat sesuatu yang bermanfaat dari luar.
Hmm.. Mungkin kita mempunyai teman yang sangat percaya diri. Saking percaya dirinya, teman kita ini sulit sekali menerima pendapat orang lain. Apa yang ada di pikirannya adalah dirinya selalu yang paling benar. Dirinyalah yang selalu bekerja paling hebat. Orang seperti ini dapat dikategorikan sebagai orang yang berpikiran tertutup lho. Orang yang pikirannya tertutup itu pasti akan sulit untuk maju. Dia akan selalu melihat dirinya adalah segalanya, hampir tidak pernah merasakan akan kelemahan dalam dirinya. Orang berpikiran tertutup akan sulit sekali memberi apresiasi ke orang lain. Jika ada orang lain datang dengan masukan yang bagus, pasti akan dilihat dari sisi negatifnya aja. Hufh...
Kita harus sadar, bahwa kita tidak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain. Semakin banyak bergaul dengan orang lain akan mengajari kita lebih menghargai orang lain. Semakin terbuka pikiran kita akan membuat kita semakin maju karena kita bisa menerima masukan dari orang lain. Masukan dari orang lain itu sangatlah penting karena orang lain bisa melihat sisi yang tidak bisa kita lihat. Menjadi orang yang berpikiran terbuka akan melatih kita untuk selalu mencari terobosan-terobosan baru yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya. 

Orang yang sukses menjadi berbeda dari orang rata-rata karena orang sukses melakukan sesuatu yang berbeda dari orang kebanyakan.