"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Pagi semuaaaaa.....!
Alhamdulillah, pada pagi yang cerah ini, kita masih diberikan nikmat untuk bisa menikmatinya dengan penuh rasa syukur. Nah, rasa syukur ini ternyata bisa kita manifestasikan dalam bentuk penjagaan terhadap tubuh kita. Salah satunya dengan berolah raga. Well, sudah tau pastinya khan khasiat berolah raga itu seperti apa???

Namun, kali ini mau bahas sesuatu yang tidak biasanya. Apa itu? Yakni, prinsip olah raga dan manifestasinya dalam gerakan shalat.

Wah, kenapa dikaitkan dengan gerakan shalat ya???

Sebab, ternyata gerakan shalat yang kita lakukan selama ini telah memenuhi semua unsur yang ada dalam prinsip-prinsip olah raga tersebut. Lho kok bisa ya???

Baiklah, jadi begini... Alloh telah memberi tahu kita pelajaran yang baik tentang prinsip olah raga yaitu melalui praktik gerakan-gerakan shalat. Karena gerakan shalat berfungsi menjaga postur tubuh agar tetap ideal dan melindungi sekaligus mengobati penyakit atau gangguan yang biasa menjangkiti tubuh manusia. Luar biasa bukan?! :)

Nah apa aja sih prinsip olah raga dalam kaitannya dengan gerakan shalat?? Yuk kita ulas...


      1. Pemanasan
    Merupakan gerakan persiapan tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih berat dengan cara latihan   sederhana sebelum melakukan kegiatan berat tersebut. Manfaat dari gerakan pemanasan ini adalah:
    • Menyiapkan organ tubuh agar dapat beradaptasi dengan kegiatan agar tenaga yang dikerahkan menjadi maksimal
    • Menyiapkan organ syaraf agar mampu memastikan kesiapan bagian-bagian tubuh untuk melaksanakan suatu kegiatan
    • Menyiapkan sisi kejiwaaan seseorang untk memasuki gerakan sesuangguhnya
    Nah, kaitannya dengan gerakan shalat ternyata ada juga lho pemanasan sebelum shalat yaitu dengan berjalan atau memperbanyak langkah ketika menuju masjid. Karena perintah untuk segera menuju tempat shalat dan memperbanyak langkah dengan berjalan kaki merupakan pemanasan bagi fisik dan otot. Selain tiu juga berpengaruh untuk mengatasi perasaan kacau dan gelisah. Selain itu juga ada pemanasan  pikiran, yakni dengan berwudhu dan melakukan shalat sunnah beberapa raka'at sebelum shalat fardhu atau wajib.

         2. Kontiniuitas Olah Raga
    Berolah raga secara kontiniu berarti berolah raga secara teratur dan terus menerus sepanjang tahun sehingga ada perkembangan yang terjadi secara bertahap dan teratur pula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila olah raga dilakukan secara teratur dan kontiniu dalam waktu yang lama, akan mendatangkan peningkatan kemampuan dalam waktu yang lebih cepat lho...

    Nah kaitannya dengan kontiniuitas dalam shalat yakni agar kita senantiasa menunaikan shalat wajib. Perintah tersebut termakstub dalam surah Al-Baqarah: 238. Selain itu, Rasululloh pun memerintahkan kita untuk tetap menegakkan shalat meski dalam keadaan sakit sekalipun, "Shalatlah berdiri. Jika kamu tidak mampu shalatlah sambil duduk. Jika duduk tak mampu, shalatlah kamu dengan berbaring." (HR. Bukhari)


    Maka ternyata, dalam gerakan shalat terdapat bagian-bagian yang dapat mengantarkan seseorang untuk meraih tujuan kesehatan yaitu mencapai kondisi fisik yang sehat tanpa gangguan, serta mampu melakukan tuntutan hidup sehari-hari dengan kemampuan fisik yang prima tanpa rasa lelah dan lesu. Sehingga nih... Dengan fisik kita yang kuat dan sehat bisa melakukan ibadah-ibadah lainnya dengan baik. Subhanalloh... ^_^

    Maraji':  The Power Of Shalat, Syaikh Jalal Muhammad Syafi'i dengan sedikit tambahan oleh penulis.