"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Akhir-akhir ini, tepatnya di pekan ini. Sudah hampir 5 orang yang mengeluh padaku. Lewat sms maupun saat kubaca status di facebooknya.

Sama halnya denganku yang lagi rada uring-uringan dengan tugas yang seabrek-abreknya... Sering juga mengeluh pada ibuku. Namun, rasanya setelah mengeluh itu kok ya gak ada perubahan juga ya? Apa yang salah nih, pola pikir kita dalam menghadapi pencetus keluhan kita atau karena keluhan itu sendiri? Nah loh...

Jadi...  Mungkin sering tanpa kita sadari, bahwa seringkali mengucap kata-kata yang sepele tapi sebenarnya itu merupakan sebuah keluhan. Seperti; "Aduh capek banget", "Kok susah ya?", "Duh, pussssing" dan kata-kata sejenis lainnya.

Tahukah? Semakin sering kita mengeluh, maka semakin sering pula kita mengalami hal-hal yang menimbulkan keruwetan dalm hidup. Dan tentulah, hal itu akan membuat 'capek hati' kita juga membuat diri semakin rapuh.

Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi mengeluh seringkali menjadi suatu kebanggaan. Kalau kita memiliki dua orang teman, yang pertama selalu berpikiran positif dan yang kedua selalu mengeluh, kita akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Menjadi seorang yang pengeluh mungkin bisa mendapatkan simpati dari teman kita, tetapi tidak akan membuat kita memiliki lebih banyak teman dan tidak akan menyelesaikan masalah kita, bahkan bisa membuat kehilangan teman-teman kita. 

Mengapa sih kita harus mengeluh? Meski pada kenyataannya aku pun sulit untuk menghindar dari kebiasaan tersebut. Tapi setidaknya, setelah direnungi kembali... Aku pun yakin berkata dalam hati bahwa; "Tiada seorang pun yang dapat menghalangi kita untuk berbahagia". Jadi, kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Bisa juga karena ada "penekanan" seperti aku yang lagi 'ditekan' oleh deadline yang gencar dalam bulan-bulan ini. Hehe...

Sebenarnya mengatasi keluhan, caranya itu gampang-gampang susah, mau tahu apa?? Yakni, kita hanya perlu bersyukur. 

Percayalah bahwa dibalik semua hal yang kita keluhkan PASTI ADA hal yang dapat kita syukuri.  Sepakat khan? 


1. Bersyukurlah setiap hari setidaknya satu kali sehari. Bersyukurlah atas pekerjaan, kesehatan, usia, keluarga  bahkan hembusan nafas kita yang tidak diminta bayaran olehNya.
2. Jangan mengeluh bila menghadapi kesulitan tetapi cobalah refleksi sejenak. Tutuplah mata, tarik nafas panjang, tahan sebentar kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut, buka mata, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.
3. Biasakan diri untuk beri tanggapan pada hal apapun yang positif atau malah tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan lihatlah perubahannya. Gituu...


Bagaimana? Sederhana bukan? Sesederhana Buku Sederhananya Cinta tulisanku. Hehe, *teuteup promosi.com ^_^. Pada intinya, jangan sampai keluhan membuat diri kita semakin rapuh. Bersinarlah dan tatap dunia dengan senyuman terbaik. Bahwa kita mampu melalui hari-hari yang menyulitkan bahkan menyakitkan sekalipun. Insya Alloh. Yuk, stop complaining!!