"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Seperti judul di atas, ingin kuulas secara jelas...
Cukup bisa kukatakan, bahwa akhir-akhir ini jenuh tingkat tinggi sedang menyerang...
Kemudian sampailah sebuah pesan singkat di hapeku bertuliskan, "Puncak Dari Kepuasan Adalah Bosan". Yup, dan itulah yang tengah aku rasakan kini. Sangat bosan ataupun jenuh dengan rutinitasku yang seabrek-abreknya. Hadeh, kalau boleh lebih dari sekadar mengeluh... Rasanya ingin aku menghilang dari perederan kemudian singgah ke pegunungan yang paling tinggi dan pada akhirnya aku bisa berteriak lepas. Hehe, lebayyy...

Well, gak boleh terus-terusan seperti ini. Kalau aku terus mengikuti badmoodku ini dijamin semua amanah serta tugas-tugasku bakalan terlantar. Ohh no! Jangan sampai deh... Semakin terundur apa yang harus aku kerjakan saat ini maka semakin tidak berdampak baik kedepannya.

Ok, jadi begini... Siapapun bisa mengalami tingkat kejenuhan atau rasa bosan yang tinggi tersebut, sehingga bisa mengakibatkan menurunnya semangat seseorang, baik itu semangat hidup, semangat belajar, semangat untuk bangkit kembali dan lain sebagainya.

Kebosanan tingkat tinggi ini sangatlah berbahaya, untuk jangka pendek (resiko ringan), mungkin dampaknya hanya seperti menurunnya semangat belajar, atau beraktivitas lainnya. Yang ditakutkan, perasaan ini akan berkibat fatal seperti halnya banyak terjadi di Negeri Sakura. Banyak orang di sana yang bosan dengan kehidupan sehari-hari dan akhirnya mereka Bunuh Diri. Oh My God! Na'udzubillah!
 
Ternyata ada pesan singkat untuk mengatasi rasa kejenuhan atau bosan tingkat tinggi ini yaitu dengan rajin beribadah kepada Alloh, dan jangan hanya bersandar pada ritual. Tapi cobalah resapi ibadah tersebut, rasakan kedatangannya di dalam diri kita. Jika kita belum merasa ada getaran di dalam tubuh kita saat sedang melakukan ibadah, berarti kita belum bisa fokus dan merasakan ibadah tersebut.

Berpikirlah positif juga, bahwa hidup ini hanya sementara dan hanyalah sandiwara belaka. Banyak lakukan aktivitas yang diluar rutinitas sehari-hari. Misalkan yang biasanya gak pernah nonton tv, kini saatnya untuk bisa nonton tv dengan puas tapi juga sambil ingat waktu ya :)

Kalau dalam agama Islam sebenarnya sudah banyak contoh dan cara dalam mengatasi kejenuhan. Al-Qur’an yang merupakan wahyu Alloh merupakan salah satu sarana dalam mengatasi kejenuhan hidup. beberapa penelitian sudah dialakukan dalam rangka menguji efektifitas Al-Qur’an dalam mengatasi kejenuhan.

Kejenuhan atau rasa bosan itu khan biasanya terjadi tatkala kita melakukan kegiatan yang monoton atau kita hanya memberikan makanan kepada otak kita tetapi tidak kepada batin kita. oleh karena itu, ternyata Al-Qur’an lah jawaban buat kejenuhan kita. Hm, mencoba baca atau dengarkan Al-Qur’an ketika kita jenuh, insya Alloh kejenuhan itu akan terobati apalagi kalau sempat sekalian baca artinya, wah insya Alloh akan lebih baik lagi hasilnya.

Hm... masih jenuh juga?
Ahh kejenuhanku ini karena sikapku sendiri yang sulit memproporsionalkan mana yang harus profesional terhadap orang lain dan mana yang untuk diri sendiri. But, insya Alloh dengan mencoba cari kesibukan lain yang positif ternyata bisa menghilangkan rasa jenuh kita yang tengah melanda.

So, sudah coba??? Met mencoba ya ^_^

2 Responses so far.