"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Taukah, apa itu Asertif?? Hmm.. mungkin kita kenalan dulu dengan ciri-ciri asertif...

Apakah kamu bebas mengemukakan pikiran dan pendapat, baik melalui kata-kata maupun tindakan? Apakah kamu dapat berkomunikasi secara langsung dan terbuka? Apakah kamu mampu memulai, melanjutkan dan mengakhiri suatu pembicaraan dengan baik? Apakah kamu mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuan terhadap pendapat orang lain, tanpa menyinggungnya? Apakah kamu mampu mengajukan permintaan dan bantuan kepada orang lain ketika membutuhkan? Apakah kamu mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan? Apakah kamu memiliki sikap dan pandangan yang aktif terhadap kehidupan? Apakah kamu menerima keterbatasan yang ada di dalam dirimu dengan tetap berusaha untuk memperbaikinya?

Nah, kalau kamu termasuk seperti ciri-ciri di atas berarti menjadi sebuah penegasan dalam memposisikan kita (secara individu) sebagai manusia merdeka yang mempunyai hak, kewajiban dan martabat yang sama dengan yang lainnya dalam menentukan sikap, bersuara/berpendapat, mengekspresikan dan mengapresiasikan bakat, minat dan kemampuan. Dan itulah Asertif.

Selain itu, seseorang yang disebut asertif dengan ikhlas dapat menerima dengan lapang dada berbagai kritikan dan saran yang dapat meningkatkan kualitas diri atas berbagai kekurangan dan kesalahan yang pernah/sedang dilakukan tanpa memandang siapa ??? (orang tua/senior/yunior/atasan/bawahan) yang menggugah kita untuk segera terbangun dari keterpurukan.

“Setiap dari kita memiliki hak untuk menjadi dan mengekspresikan diri sendiri, serta merasa nyaman ketika melakukannya, selama kita tidak melukai perasaan orang lain dalam prosesnya. Mempromosikan kesetaraan dalam hubungan manusia, yang memungkinkan kita untuk bertindak menurut kepentingan kita sendiri, untuk membela diri sendiri tanpa kecemasan yang tidak semestinya, untuk mengekspresikan perasaan dengan jujur dan nyaman, untuk menerapkan hak-hak pribadi kita tanpa menyangkali hak-hak orang lain”. (Robert Alberti & Micheal Emmons dalam bukunya Your Perfect Right)

Hmm.. dahsyat ya?! Dan ternyata dikatakan bahwa perilaku asertif adalah human behavior. So, Jelaslah bahwa dengan bersikap asertif, kita akan mampu mempertahankan kredibiltas dan eksistensi diri sebagai pribadi yang berguna bagi lingkungannya. Gimana, berani mencoba?! ^_^