"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Malam ini aku mau berbicara arti dari sebuah komitmen. Berat ya mendengar kata tersebut... But, mengapa tidak kita buat sederhana saja??? 

KOMITMEN dapat dimaknakan dengan berpegang teguh dan fokus pada keputusan yang diambil, tanpa mempertanyakan apa-apa lagi, apapun keadaan yang akan berlangsung. Dan biasanya sesuatu yang akan membuat seseorang memikul resiko dan konsekuensi dari keputusannya tanpa mengeluh, dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur sebagai bagian dari kehidupan yang terus berproses. Bukankah begitu?

Kalau dalam konteks yang ingin kubahas, komitmen disini adalah mencoba menerima apapun yang terjadi dengan segala kekurangan dan kelebihan yang mengiringinya. Misalkan saja, terdapat komitmen yang membuat seorang suami menerima istrinya dengan segala kekurangan dan kelemahannya tanpa menghakimi. Bersyukur ketika istrinya tampil menawan, dan sama bersyukurnya ketika sang istri mengenakan daster dengan wajah berminyak tanpa make-up. Lalu bersyukur ketika bentuk tubuh sang istri berubah setelah melahirkan, dan tetap setia memberinya kecupan cinta sambil berkata, "Kamu cantik". Suitt, suittt :D

Ya. Itu hanya bagian kecil saja dari contoh arti sebuah komitmen. Karena komitmen bukan sekadar kata, melainkan sebuah sikap menerima segala konsekuensi yang ada di depan mata. Siap dan berani dalam menjalani segalanya dan tetap bertahan dalam kondisi terhimpit sekalipun menyesakkan dada.

Sebab komitmen adalah janji yang terpatri dalam diri... Untuk selalu berjalan seiringan... Untuk bisa mengingat kembali kesepakatan yang telah ada sejak awal berkomitmen. KOMITMEN adalah sesuatu yang membuat seseorang membulatkan hati dan tekad demi mencapai sebuah tujuan, sekalipun ia belum dapat mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Berjerih payah dan berkorban demi menyelesaikan tujuannya, sekalipun semua orang meninggalkannya seorang diri.

Terkadang, sebuah komitmen bisa membuat seseorang berani setia dan percaya, meskipun harapannya tidak kunjung terpenuhi dan tidak ada yang dapat dijadikan jaminan olehnya. Karena ia yakin... Bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dengan kuatnya komitmen yang telah tertancapkan dalam dirinya. Hebat ya?!

Dan yang terakhir nih... Menurutku, arti sebuah komitmen ialah sesuatu yang melampaui segala bentuk perbedaan, perselisihan maupun pertengkaran. Karena ia tidak dapat dihancurkan oleh kekurangan, kelemahan maupun keterbatasan lahiriah. Ketika kita mengatakan 'Aku berkomitmen', maka sejatinya kita harus berani mengikatkan diri dalam sebuah komitmen tersebut dan secara tidak langsung kita telah 'mati' terhadap kepentingan diri sendiri..

Jadi teringat akan sebuah firman Alloh, 
“Sungguh, orang-orang yang berjanji setia kepadamu, tiada lain dari berjanji setia kepada Alloh Alloh meletakkan tangan-Nya diatas tangan mereka. Tetapi barangsiapa melanggar janji, tiada lain dari melanggar janji terhadap dirinya sendiri. Dan barang siapa menepati janji yang dijanjikannya kepada Alloh, Alloh akan memberinya pahala berlimpah”. (Qs Al-Fath: 10)

Ternyata berkomitmen itu rada sulit ya? Hehe.. Meski menyatakan sebuah janji adalah pekerjaan yang sangat mudah, namun menepati janjinya adalah sebuah langkah emas yang mampu meraih kepercayaan yang sangat tinggi nilainya bagi orang lain. Mungkin hanya sebuah janji kecil, tapi sesungguhnya hal tersebut sangat berpengaruh pada kredibilitas seseorang. Waw, kenapa begitu? Berjanji adalah suatu hal yang amat penting, begitu pentingnya sampai–sampai mendapat perhatian serius dari Alloh melalui ayat di atas. Sebaliknya, tidak menepati janji adalah suatu langkah yang sangat mematikan kredibilitas seseorang. Oleh karena itu, janganlah berjanji sekiranya kita yakin tidak bisa menepatinya.

Coba bayangkan, jika ada yang berjanji pada kita namun tak ditepatinya? Tentu kita akan kecewa khan? Nah ketahuilah, begitupula ketika kita sedang berjanji maka sesungguhnya kita menarik energi suara hati orang lain secara besar-besaran, yang dinamakan dengan harapan. Lalu energi itu kita bawa pulang, dan jika tidak dikembalikan ke sumbernya, keseimbangan orang lain akan terganggu. Harapan (akan realisasi janji) tersebut telah kita tarik, dan belum kita kembalikan (janji belum terealisasi). Pasti akan menyedihkan jika barang kita diambil lalu belum dikembalikan juga... 

So... Janji kecil yang mungkin secara tidak sadar kita lupakan padahal itu adalah sebuah komitmen awal yang telah dibangun, sungguh-sungguh bisa menarik habis tingkat kepercayaan seseorang. Ya, dan itulah yang menarik habis energi “HARAPAN” suara hati seseorang, dan belum sempat mengembalikannya. Bagaimana jika sudah begitu???

Maka berhati-hatilah terhadap yang dinamakan dengan 'Komitmen'. Yuk, kita perbaharui komitmen kita kembali... Mencoba menepati janji-janji kita meskipun kecil dan menurut kita tak berarti. Padahal diujung sana, ada seseorang yang tengah menanti komitmen dan harapannya untuk ditemui ^_^

19 Responses so far.

  1. http://onyxblog94.blogspot.com

  2. Ikut menyimak artikelnya gan :-)

    Salam,

  3. Unknown says:

    Silakan, Belajar Forex... Salam kembali :-)

  4. wardah says:

    berani komitmen harus berani bertanggung jawab.. syukron kk cantik.. :D

  5. Zawa says:

    Blogwalking... :)

    Tulisan yang menarik, org yang berkomitmen biasanya akan tetap istiqomah menjaga komitmennya tersebut.

  6. WAW . .
    Setelah membaca ini .
    Saya bisa mengerti . .
    Dan ALLHAMDULILAH
    BERTAHAN Lama dengan sang kekasih
    Thanks ya Kawan :)

  7. Artikel yang bagus dan cerdas. sukses kiranya selalu bersama anda. Salam. Leadershipstreet Indonesia

  8. Komitmen itu penting, dan harus dipertangggung jawabkan. Kita liat saat ini pemerintah kita banyak yang gak punya komitmen kalau pun punya, bukti nyatanya nihil. -__-

  9. Unknown says:

    Terima Kasih Sangat bermanfaat.

  10. Anonim says:

    thanks ya

  11. Unknown says:

    Mksih atas inspirasinya smoga kita semua bs brkomitmen dan menjaga kpercaya'an orang lain...

  12. Unknown says:

    asli siss
    keren bener
    Thank You sis :D

  13. KOmitmEN ITU penting

  14. Unknown says:

    syukran ka artikelnya sangat bermanfaat. bahasanya ringan dan mudah dicerna serta mengena. semangat menebar manfaat lewat kata!!! :)

  15. Anonim says:

    Terima kasih ya artikelnya sangat bermanfaat :)