"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Bismillahirrahmanirrahiim.

Berikut hasil diskusi grup WA IRAMA Bahagia yang disimpulkan dari materi "pola asuh anak dan parenting" dg sub tema "mengasuh dg hati, mendidik dg cinta dan menyikapi perilaku serta perkembangan anak"

***
 
Seorang anak yg merapikan mainannya dg senang hati dan penuh kesadaran pasti akan jauh lebih bernilai dibandingkan dg seorang anak yg melakukannya karena takut atau terpaksa.

Sebagai orangtua, sudah menjadi amanah bagi kita u/ mendidik anak2 yg Allah titipkan. Tujuannya agar mereka memiliki nilai yg baik di hadapan Allah.

Salah satu hal yang bs kita lakukan u/membantu anak mencapai tujuan dlm hidupnya a/dengan meningkatkan kecerdasan emosi dan spiritualnya. Kecerdasan emosi memungkinkan sesorang u/dapat mengendalikan diri. sementara itu, Kecerdasan spiritual memungkinkan hidup seseorang menjadi lebih bermakna, ia juga akan memiliki kekuatan untuk senantiasa bahagia dalam keadaan apapun. Hal ini sangat penting u/kita ajarkan kepada anak sedini mungkin. Karena perlu proses dan waktu yg cukup panjang, sehingga ia siap u/menjalani kehidupannya kelak.

Beberapa stimulasi yg bisa kita berikan, dalam rangka melejitkan kecerdasan emosi dan spiritualnya adalah:
  1. Senantiasa mengajak anak u/berdiskusi mengenai hal apapun dg perspektif ruhaniah. Terus bertanya dan bertanya, latih anak u/ berpikir.
  2. Berikan ksempatan kepada anak u/mengambil keputusan dan ajarkan anak manajemen resiko atas keputusan yg telah ia ambil.
  3. Tanamkan motivasi yang benar. Mengapa harus begini, mengapa harus begitu...
  4. Ajarkan anak u/mandiri dlm berbagai hal (urusan makan, mandi, toilet training, merapikan mainan,dll)
  5. Ajak anak u/bersosialisasi. Ajarkan empati, ajarkan pengendalian diri, beritahu berbagai macam emosi, dan cara penyampaiannya yg baik.
  6. Jadilah teladan yg baik u/anak
  7. Ajak mereka u/bertafakur, baik di alam, maupun melalui buku cerita
Semoga Allah senantiasa membimbing kita menjadi orangtua yang tidak berhenti belajar, agar amanah-Nya dapat kita jaga dg baik ... Wallahualam.