"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Pada masa proses tumbuh kembang, bayi membutuhkan asupan gizi, kasih sayang, dan stimulasi. Kesemuanya dibutuhkan agar anak-anak mencapai tumbuh kembang yang optimal, cerdas, kreatif, dan kelak dapat berperilaku baik.

Lalu, bagaimana caranya?

Berikut penjelasan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk bayi:

  1. Kebutuhan fisik-biologis ; Kebutuhan fisik-biologis merupakan kebutuhan meliputi gizi (ASI dan makanan pendamping ASI), imunisasi, kebersihan badan, dan lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain. Kebutuhan fisik-biologis terutama berpengaruh pada pertumbuhan fisik, termasuk otak, alat penginderaan, dan alat gerak untuk mengeksplorasi lingkungan sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.Kebutuhan asih (kasih sayang) 
  2. Kebutuhan kasih sayang; terutama rasa dilindungi, rasa aman dan nyaman, diperhatikan dan dihargai, didengar keinginan atau pendapatnya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan, tetapi lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan. Kebutuhan kasih sayang besar pengaruhnya pada kemandirian dan kecerdasan emosi.
  3. Kebutuhan asah (stimulasi bermain sejak dini); Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera (pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap), merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir, dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multipel inteligen).