"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Masih dengan semangat pemuda. Tadi, sesampainya aku di tempat mengajar sudah terpampang tulisan di whiteboard "Selamat Hari Pemuda, Semoga Indonesia Selalu Berjaya". Ternyata itu yang menulis adalah salah satu muridku. Hm... Anak SD sudah mengerti tentang itu juga ternyata. Hehe...

Well, masih belum terlambat untuk menulis... Ditengah semangat nasionalisme bangsa, maka diharapkan pula lah semangat menghinggapi ruh-ruh pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Selayaknya kita tahu, di era globalisasi ini pemuda Indonesia dihadapkan pada kerasnya arus perputaran informasi dan kemajuan teknologi. Yang mana arus informasi yang tak terbendung ini dapat menggerus dan atau melunturkan akar dari kebudayaan suatu bangsa.

Jadi.. Ketika bangsa Indonesia dihadapkan pada kenyataan ini, ketakutan yang terbesar adalah pemuda Indonesia itu sendiri lebih senang dan bangga dengan apa yang ada pada bangsa lain dibanding dengan bangsanya sendiri.  Kalau sudah gitu, tragis bukan?

Perhatikan Era Globalisasi ini, logika pemikiran pemuda Indonesia lebih dikuasai oleh hal-hal yang dipikirnya bersifat lebih rasional dan mendunia, sehingga mereka lebih menyukai hal-hal yang bersifat kebarat-baratan. Termasuk kita, betul gak?

Sebenarnya, nilai historis yang terkandung dalam sejarah sumpah pemuda adalah bahwasanya melalui deklarasi sumpah ini secara sadar pemuda Indonesia pada masa itu telah menyadari betapa pentingnya nilai persatuan dan kesatuan. Namun ternyata itu semua belum bisa kita lihat saat ini. Terlalu banyak harapan yang disematkan pada generasi muda padahal harapan kosong yang tanpa pengetahuan.

Ada yang kurang dari hari sumpah pemuda ini... Kita dihadapkan pada ketidakmengertian atau kurang penghayatan terhadap nilai-nilai sumpah pemuda. Oleh karena itu, dalam memperingati hari sumpah pemuda ini, hendaklah segenap lapisan bangsa Indonesia sadar akan pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam hari sumpah pemuda. Dimana hari sumpah pemuda telah mampu menghantarkan kesenjangan berbagai suku di Indonesia. Jika terdapat komunikasi yang baik diantara golongan, Indonesia yang bersatu dapat berkembang dengan pesat untuk menyamakan kedudukanya di dalam dunia internasional, dan Indonesia akan dapat diakui dan disegani oleh negara lain. Tidak ada lagi yang namanya klaim-klaim atas daya kreatifitas bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dahulu.

Dan itu tugas kita kan, wahai PEMUDA????