"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

 
Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah diskusi rutin grup IRAMA Bahagia sudah dimulai pekan ini. Dan hari ini mengambil tema "Manajemen Rumah Tangga" dengan subtema "Manajemen waktu, pembagian tugas pasutri dan penataan rumah".

Dari hasil diskusi, saya tarik kesimpulannya:

Sebagai ibu rumah tangga.. Kita harus membuat perencanaan pekerjaan rumah tangga. Dimulai dari menjadwal pekerjaan esok hari pada malam sebelumnya. Bila kita bisa menata kegiatan, maka kita akan mendapat bonus waktu, seseorang yang tidak menata kegiatannya akan merasa waktunya habis begitu saja, tnpa capaian apapun, tanpa bonus waktu, dan tanpa waktu untuk istirahat. Kemudian esok harinya bangun pagi lebih awal agar bisa menjalankan pekerjaan rumah tangga sesuai schedule. Jangan lupa melibatkan anak dan suami demi meringankan pekerjaan rmh tangga, dan menyicil melakukan pekerjaan rumah tangga agar tidak menumpuk dan tentu gak bikin stress. Luangkan wktu untuk 'me time' di tengah kepadatan mengurus pekerjaan rumah tangga seperti dengan melakukan pengembangan diri (memasak, menulis, membaca, jalan ke luar rumah) dan meluangkan waktu bermain dg anak. Selain itu melakukan pekerjaan yg bisa disambi misalnya mencuci piring sekalian sambil membersihkan dapur (ngelap kompor dan menyikat pinggir-pinggir tempat cucian piring), mandi sekalian sambil nyikat lantai dan dindingnya atau menyapu lantai rumah sekalian dg merapikan barang2 di atas meja yang berserakan. Kunci menjalani ini semua adalah keistiqomahan, bisa dimulai dg porsi kecil tetapi rutin, jika berhasil berikan reward pada diri sendiri ya.
"... Seorang wanita adalah pemimpin di rumah suaminya, dan ia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Seorang khadim (pembantu) adalah pemimpin pada harta tuannya (majikannya), dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.” (Bukhari dan Muslim)

Ada seorang wanita datang kepada Rasulullah untuk suatu urusan, lalu Rasulullah bertanya, “Apakah kamu punya suami? Wanita itu menjawab,”Ya”. Rasulullah berkata,”Perhatikan di mana posisimu terhadap suami. Sebab pada suami itu ada surgamu dan nerakamu.” (HR. Ahmad)

Ketaatan istri pada suami adalah jaminan surganya. Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah bersabda, “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Semoga kedua hadits di atas menyemangati kita sebagai wanita untuk giat beribadah, menunjukkan bahwa kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah hanya dengan merawat suami, rumah, dan anak-anak kita dengan baik.

Kita tidak perlu lagi berlelah-lelah “mencari” ibadah mana yang memiliki pahala yang tinggi! Ingat baik-baik hadits ini, dengan memulai hari berniat dalam hati bahwa “Ya Allah, semua amalan baik yang saya lakukan untuk rumah kami dan keluarga adalah karena-Mu dan untuk mendapatkan ridha-Mu semata.”

Niat seperti ini tentu akan membantu kita mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan ikhlas dan senang, karena kita paham bahwa hal tersebut dihitung sebagai ibadah!

Daaannnn... Mari kita manfaatkan teknologi. saya percaya bahwa hanya dengan ponsel, kita bisa tetap update informasi dan berita kerumah tanggaan selama 24 jam setiap harinya! Dengan smartphone, kita bisa memanfaatkan YouTube yang bermanfaat untuk mendapatkan tutorial memasak ala rumahan, atau tutorial cara merapikan dan melipat baju juga membersihkan rumah. Bisa juga memanfaatkan google untuk mencari resep masakan atau info terkait pekerjaan rumah tangga lainnya.

Bergabunglah juga dengan grup atau fanspage di medsos yang kita bisa memperoleh ilmu darinya.
Semoga beberapa ulasan di atas bermanfaat bagi para IRTuntuk mendapatkan pahala di sisi Allah Subhanahu Wa ta’ala. Aamiin

*untuk materi besok.. Insya Allah akan diulas dan didiskusikan mengenai pola asuh dan parenting baik mendidik dg cinta, mengasuh dg hati dan menghadapi perilaku anak serta perkembangannya