"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

 Subhanallah, baru kali ini ngerasain penyakit di jari tangan yang namanya cantengan alias bahasa kerennya paronikia. Yaahh, apapun namanya, intinya penyakit ini timbul dari hal yang sepele. Aku suka lupa kebiasaan gigitin kuku alhasil infeksi dan WAW, jari telunjuk jadi bengkak. Pikir-pikir, kayaknya ga terlalu bahaya yang kualami, cuek aja dan membiarkannya berhari-hari berharap bisa sembuh kembali. Ehh tau-taunya udah 3 hari ini bengkak ga kempes-kempes. Panik dong? Yaiyalah secara aktivitas semua dilakukan di tangan kanan, apatah lagi ini jari telunjuk, bisa ga berfungsi dong kalau lagi bengkak gini. Akhirnya tanya sana tanya sini, ketemu nih 5 tips mengatasi cantengan. Mau tau? Check it out !! :)
  1. Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  2. Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  3. Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
  4. Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  5. Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).

Dan jika cantengan tidak kunjung membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya langsung mengunjungi dokter ya. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi. Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan. WAW banget ya, tapi ya itu demi kebaikan kita juga kok :)