"Tidak ada yang sempurna di dunia.. Jika begitu adanya, mengapa masih mengharap berlebih dari apa yang sudah diberi oleh-Nya? Sekalipun masalah yang menyapa, ia bukan masalah yang tak ada jalan keluarnya. Karena pada-Nya saja, kita mengharap dan meminta.."

Postingan Populer

Pengikut

Alloh SWT secara tegas melarang hambanya berteman dengan setan karena, ''Barang siapa menjadikan setan sebagai teman, maka setan itu adalah seburuk-buruk teman.'' (QS An-Nisa : 38)

Pertemanan dengan setan disini dalam artian bergaul dengan mereka yang memperturutkan hawa nafsunya, gemar berbuat maksiat, dan hanya sibuk dengan urusan dunia semata selama hidup.

Oleh karena itu, hendaknya seseorang memperhatikan orang yang harus dipergaulinya. Teman yang tidak baik adalah ''virus keempat'' setelah kelalaian menjaga pandangan, lisan, dan perut yang bisa merusak hati, bahkan merusak segalanya.

Ini akan berbeda dengan orang yang bergaul dengan mereka yang dekat dengan Alloh. Pergaulan semacam ini akan senantiasa diwarnai tawasshau bil haqqi wa tawasshau bishshabr.

Mereka akan selalu berupaya saling tolong serta berharap teman-temannya menjadi baik dan semakin baik. Mereka tidak saling memosisikan diri menjadi beban satu sama lain, tetapi justru ingin saling meringankan. Mereka akan selalu berusaha agar sahabatnya semakin mulia dan semakin selamat di sisi Alloh.

Oleh karena itu saudara/iku, berhati-hatilah terhadap lingkungan pergaulan. Jika saat ini qt tengah berada dalam lingkungan pergaulan yang sangat kotor dan buruk, mari segera qt tinggalkan. Mari qt hindari orang-orang lalai. Mari qt ingatkan mereka untuk menuju ke kebenaran.

Ingat, barang siapa bergaul dengan pandai besi, niscaya akan ikut bau bakaran, bahkan bukan tidak mungkin akan ikut terbakar sekalian. Akan tetapi, barang siapa bergaul dengan penjual minyak wangi, maka tidak bisa tidak, ia akan terkena bau harum mewangi.

Salah memilih pergaulan berarti qt siap menyiksa dan membinasakan diri. Sebaliknya, bila bergaul dengan orang-orang taat, saleh, berakhlak mulia, dan jernih hatinya, maka qt akan memiliki sikap serupa. So, berhati-hatilah dalam mencari teman ^_^